Cara Membudayakan Demokrasi Di Indonesia

Negara yang sangat kita cintai ini, Republik Indonesia sering kali mengalami simpang siur akan permasalahan yang terkadang sebenarnya dapat di selesaikan dengan kepala dingin. Namun apa yang terjadi budaya demokrasi tak lagi seindah kedengaranya. Silang pendapat semakin membumi, tak ada lagi kata toleransi. Masalah ini terjadi bukan hanya kesalahan sebelah pihak namun dari seluruh lapisan masyarakat.  Marilah berpikir untuk membuat negeri ini menjadi lebih baik. Dengan memperbaiki nilai demokrasi itu sendiri.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata demos artinya rakyat dan cratos/kratein artinya pemerintahan/berkuasa.  Pemerintahan demokrasi yang kokoh adalah pemerintahan yang sesuai dengan pandangan hidup, kepribadian, dan falsafah bangsanya.

Cara membudayakan demokrasi dapat di lakukan dari berbagai sudut, yakni :

KELUARGA——–LINGKUNGAN——–SEKOLAH——–PEKERJAAN
1.      Keluarga ada lah media pertama dalam pengaplikasian demokrasi. Dan dari hal yang sangat sederhana ini demokrasi dapat terbentuk saat sang ayah meminta pendapat anaknya.

2.      Lingkungan memberi pengaruh yang membuat orang akan berfikir untuk melontarkan pendapatnya. Jika lingkungan memberikan asas dan cara berdemokrasi yang benar maka masyarakat akan menerimanya sebagai respon balik.

3.      Sekolah juga mengemban peran penting dalam pembetukan kepribadian dari sang anak dan pola pikirnya.

4.      Pekerjaan, memberikan penyulihan bagi pekerja agar, seseorang yang telah berkecimpung di dunia kerja akan secara otomatis melakukan negosiasi dalam suatu forum. Hal ini akan melatih mereka untuk berdemokrasi dengan hal sehat.

Dengan membagi informasi di website kita sudah membantu dalam melestarikan budaya demokrsi di indonesia. Setelah kita mengetahui cara membudayakan demokrasi maka ada baiknya apa bila kita mengaplikasikan hal-hal berikut ini;

Unsur-unsur budaya demokrasi adalah :

1. Kebebasan, adalah keleluasaan untuk membuat pilihan terhadap beragam pilihan atau melakukan sesuatu yang bermamfaat untuk kepentingan bersama atas kehendak sendiri tanpa tekanan dari pihak manapun. Bukan kebebasan untuk melakukan hal tanpa bata  Kebebasan harus digunakan untukhal yang bermamfaat bagi masyarakat.

2. Persamaan,  Di dalam masyarakat manusia memiliki kedudukan yang sama di depan hukum,politik, mengembangkan kepribadiannya masing-masing, sama haknya untuk menduduki jabatan pemerintahan.

3. Solidaritas, adalah kesediaan untuk memperhatikan kepentingan dan bekerjasama dengan orang lain.

4. Toleransi, adalah sikap atau sifat toleran.  Toleran artinya bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dll) yang bertentangan atau berbeda dengan pendirian sendiri.

5. Menghormati Kejujuran, adalah keterbukaan untuk menyatakan kebenaran, agar hubungan antar pihak berjalan baik dan tidak menimbulkan benih-benih konplik di masa depan.

6. Menghormati penalaran, adalah penjelasan mengapa seseorang memiliki pandangan tertentu, membela tindakan tertentu,dan menuntut hal serupa dari orang lain. Kebiasaan memberipenalaran akan menumbuhkan kesadaran bahwa ada banyakalternatif sumber informasi dan ada banyak cara untuk mencapai tujuan.

7. Keadaban, adalah ketinggian tingkat kecerdasan lahir-batin atau kebaikan budi pekerti.  Perilaku yang beradab adalah perilaku yang mencerminkan penghormatan terhadap dan mempertimbangkan kehadiran pihak lain yang tercermin dalam sopan santun, dan beradab.
PRINSIP BUDAYA DEMOKRASI

Banyak negara mengaku sebagai negara demokrasi, tapi belum tentu menerapkan prinsip demokrasi dengan baik dan benar.  Prinsip-prinsip demokrasi antar lain :

1. Adanya jaminan hak asasi manusianya.

2.  Persamaan kedudukan di depan hukum..

3. Pengakuan terhadap hak-hak politik, seperti berkumpul, dan mengeluarkanpendapat.

4.  Pengawasan atau kontrol rakyat terhadap pemerintah, melalui demokrasi itu sendiri.

5. Pemerintahan berdasar konstitusi.

6. Pemilihan umum yang bebas dan jujur serta adil.

7. Adanya kedaulatan rakyat.

Demokrasi adalah  elemen yang di jaga kelestariannya.  Perdamaian di dunia bergantung dari cara manusia berdemokrasi.

Semoga post ini bisa membantu anda…

Trimakasih…..

 

About puspamelati

You have your own site in this world, you will place all of your history there. If then you were die, there is even a small thing that can make people remember you.. being a star is not as easy as it twinkle..

Posted on October 30, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment